4 Cara Aman Meliahat Gerhana Matahari

Rabu, 09 Maret 2016 bertepatan dengan hari raya Nyepi bagi umat Hindu, merupakan hari yang istimewa. Kejadian langka berupa gerhana matahari total kembali terjadi di Indonesia setelah 11 Juni 1983, berarti sekitar 32 tahun yang lalu Indonesia pernah mengalami kejadian serupa. Tentunya ini merupakan hal yang sayang utnuk dilewatkan.
Menurut wikipedia.org, gerhana matahari adalah
Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari,[1] sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari. Walaupun Bulan lebih kecil, bayangan Bulan mampu melindungi cahaya Matahari sepenuhnya karena Bulan yang berjarak rata-rata jarak 384.400 kilometer dari Bumi lebih dekat dibandingkan Matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 kilometer. (sumber)
Gerhana matahari total yang terjadi tanggal 9 Maret 2016 nanti, Indonesia dalah satu-satunya negara yang dilintasi bayangan tersebut. Daerah di Indonesia yang akan dilintasi bayangan itu terdiri dari 10 provinsi, mulai dari bagian Indonesia barat hingga timur. Namun hanya beberapa daerah yang dilewati gerhana matahari total, salah satunya adalah Kalimantan Selatan (Paringin, Amuntai, Tanjung).
Lintasan gerhana matahari di Kalimantan Selatan (sumber)
Bagi anda yang lokasinya dilewati gerhana tentu sayang kalau dilewatkan, namun ketika menyaksikannya kita harus ekstra hati-hati karena sinar matahari yang kuat bisa membutakan mata, apalagi pada saat gerhana, matahari adalah objek fokus pengelihatan kita. Perlu alat bantu untuk melihat fenomena gerhana matahari ini. Berikut cara mudah melihat gerhana matahari dengan aman.

1. Menggunakan Kacamata gerhana Khusus

Kacamata Gerhana Matahari (sumber)

Kacamata yang memang khusus di buat untuk melihat gerhana matahari ini memiliki filter yang memang dirancang khusus untuk menjaga mata kita dari bahaya cahaya yang ditimbulkan oleh matahari.

2. Menggunakan Kamera Lubang Jarum

Sistem Kerja Proyeksi Lubang Jarum (sumber)

Metode ini merupakan metode yang paling aman bagi mata, karena kita tidak menatap langsung ke matahari. Kita menggunakan proyeksi dari cahaya matahari yang masuk melalui lobang kecil dan di tampilkan pada layar (kertas). Cara membuatnya sangat mudah, yaitu dengan membuat lobang kecil di kertas / karton dan diarahkan ke matahari, hasil masukknya cahaya matahari di tampung kertas putih.

3. Menggunakan Pantulan Bayangan di Air

Menggunakan Pantulan Air Untuk Melihat Gerhana (sumber)

Cara ketiga ialah memanfaatkan pantulan bayangan matahari di air, ini dirasa aman karena cahaya yang diterima mata tidak menyilaukan. proses gerhana matahari beserta awan-awan disekitanya terlihat cukup jelas.

4. Melihat Tayangan Televisi.

Liputan Gerhana Matahari Total (sumber)


Nah ini yang paling mudah, tidak perlu repot-repot menunggu gerhana matahari, cukup buka televisi ataupun komputer, kita bisa mengakses tayangan proses gerhana matahari total. Langkanya kejadian ini membuat proses berlangsungnya gerhana matahari diliput sebagian besar media massa.

Demikian cara melihat gerhana matahari dengan aman, namun alangkah baiknya tetap berhati-hati dalam menyaksikan fenomena ini. Bagi umat Islam dari pada berselfi ria, lebih baik melaksanakan solat gerhana. 

Yusmadani
Yusmadani Saya adalah hamba Allah yang ingin saling berbagi

Post a Comment for "4 Cara Aman Meliahat Gerhana Matahari"