Merasakan Sensasi Malam Saat Gerhana Matahari Total di Paringin

Pagi hari tepat jam 8.32 Wita suasana kota Paringin Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan gelap gulita. Banyak masyarakat yang berbondong-bondong keluar rumah untuk melihat langsung fenomena ini. Gerhana Matahari Total (GMT) yang diperhitungkan akan terjadi di Indonesia akhirnya dapat dirasakan warga Paringin. Sebagai salah satu dari tiga kota yang dilalui GMT (Paringin, Amuntai, Tanjung) di Kalimantan Selatan, kejadian langka ini tentu sayang kalau dilewatkan. Pemerintah Kabupaten Balangan pun tidak ketinggalan mengajak masyarakat untuk melaksanakan sholat gerhana di Mesjid Al Akbar Balangan.

Suasana menjelang gerhana (dok.pribadi)

Suasana menjelang GMT di Mesjid Al Akbar Balangan (sumber)

Namun, fenomena langka ini tidak terasa sempurna karena langin diselimuti awan tebal, sehingga proses terjadinya GMT tidak bisa di saksikan masyrakat Paringin. Padahal keindahan ciptaan Tuhan ini merupakan hal yang mungkin bisa kita nikmati sekali seumur hidup. Tetapi walaupun tidak bisa menikmati proses GMT, masyarakat Paringin tetap bisa menikmati sesnasi malam karena tepat saat GMT terjadi suasana wilayah Balangan gelap gulita serasa malam hari. Ini tentunya tidak seperti di wilayah lain yang hanya merasakan sesasi serasa mendung.

Berikut fenomena suasana terang menjadi gelap yang hanya bisa dinikmati di wilayah yang terjadi GMT.


Tentunya walaupun tertutup awan mendung, namun fenomena GMT tetap bisa dirasakan masyarakat Paringin. Bagi yang hanya merasakan gerhana matahari sebagian, bisa menonton video di atas untuk membayangkan bagaimana gelapnya saat puncak GMT.

Yusmadani
Yusmadani Saya adalah hamba Allah yang ingin saling berbagi

Post a Comment for "Merasakan Sensasi Malam Saat Gerhana Matahari Total di Paringin"