Resep Asinan Buah Kalangkala Untuk Teman Lauk Makan Siang

Mungkin nama "Kalangkala" terasa asing di telinga, memang namanya sedikit aneh kesannya mungkin seram hehe..., tapi bagi orang Kalimantan terutama Kalimantan Selatan dan hidup di wilayah Hulu Sungai, nama kalangkala cukup terkenal. Kalangkala merupakan buah khas Kalimantan, entahlah di daerah luar Kalimantan ada atau tidak yang pasti di tempat ane, Kalimantan Selatan buah ini banyak di minati karena rasanya yang gurih dan asin, cocok untuk dijadikan teman makan siang. Untuk menyantapnya buah ini terlebih dahulu dibikin asinan, kalau tidak rasanya getir dan tidak enak. Namun setelah diolah rasanya maknyooosss....(mungkin Pak Bondan harus nyoba hehe..).




Kali ini ane mau share cara mengolah asinan kalangkala ini, caranya cukup mudah kok.

  1. Siapkan buah Kalangkala yang sudah masak (umumnya berwarna merah muda, usahakan pilih yang bersih dan cerah)
  2. Lepaskan buah dari tangkainya dan cuci sampai bersih
  3. Masukkan ke toples, tambahkan air yang sudah dimasak (kalau mau cepat pakai air panas, tapi kalau mau di santap nanti, pakai air dingin)
  4. Tutup toples dan birakan sampai buah kalangkala berwarna putih.
  5. Setelah berwarna putih, taruh buah kalangkala dan air rendamannya di mangkok lalu tambahkan garam secukupnya dan cabe rawit.
  6. Asinan kalangkala siap dinikmati
Oh ia kalau agan punya penyakit magh akut atau kolesterol, mending hati hati, karena kalau kebanyakan bisa menyebabkan kedua peyakit tersebut kumat.
Semoga bermanfaat gan......!
Yusmadani
Yusmadani Saya adalah hamba Allah yang ingin saling berbagi

Post a Comment for "Resep Asinan Buah Kalangkala Untuk Teman Lauk Makan Siang"