Suka Duka Belajar Bikin Stempel (Review Virgo Art Production)



Hampir 3 tahun ane terjun di dunia percetakan, dimulai dapat proyek bikin buku alumni sekolah tempat ane ngajar. Awal hanya bermodal laptop butut dan sedikit ilmu pengetikan, ane  nekat nerima proyek tersebut. Setelah di jalanin ternyata percetakan punya prospek yang lumayan, bayangin aja keuntungan hampir 3x lipat dari modal (tanpa ngitung modal tenaga lho...). Sekarang ane mulai berani buka percetakan kecil-kecilan buat isi waktu luang supaya lebih produktif.
Ada beberapa jasa percetakan yang ane terima, dari cetakan kertas (buku, pengetikan sampai undangan), spanduk sampai bikin Id Card. Untuk menambah usaha jasa ana belajar bikin stempel runaflek (laser), sudah 2 tahun ini ane tertarik belajar bikin stempel, cuman sampai sekarang baru 70% berhasil, maklum ane belajar otodidak. Mau belajar sama master stempel, rata-rata mereka pelit ilmu. Dulu sempat ada teman mau ngajarin, ane malah disuruh beli printer laser, karet sampai lampunya, udah lengkap tu alat tempur, eh dianya ga mau ngajarin dengan alasan macam-macam. Pernah juga beli video tutorial, udah diikutin step by step tapi tetap gagal.
Beberapa bulan yang lalu saya ketemu sebuah blog yang bersedia menguak rahasia stempel, blog tersebut milik mas Suluh Prasetyo. Kalo agan mau belajar bisa kunjungi blog Virgo Art Production milik beliau. Disana banyak tutorial bikin stempel runaflek, dari jenis lampu yang dipakai sampai teknik penguasan dikupas sampai habis. Selain itu beliau juga produsen alat stempel dan jasa pembuatan stempel. Hasil bikinan beliau luar biasa rapi lho...! Orangnya ramah, ane add fb beliau, banyak nanya sama beliau dan di ladenin. Baru-baru ini beliau bikin video tutorial cara mencuci stempel runaflek (master stempel ga mau ngasih tau biasanya).
Ane memang masih sering gagal, tapi dengan adanya blog tersebut, banyak membantu ane dalam belajar bikin stempel runaflek (jenis stempel paling sulit bikinnya). Moga-moga ane bisa ahli bikin stempel seperti beliau, kalau sudah bisa ane mo nabung dulu mau beli alat stempel flash, supaya natinya percetakan ane bisa nerima jasa bikin stempel laser dan warna.
Kepada Mas Suluh Prasetyo ane ucapkan terima kasih dan terus bongkar rahasia bikin stempel runaflek supaya kami para newbe bisa belajar. Semoga blog Virgo Art Production bisa maju terus dan usaha stempelnya maju...!
Yusmadani
Yusmadani Saya adalah hamba Allah yang ingin saling berbagi

2 comments for "Suka Duka Belajar Bikin Stempel (Review Virgo Art Production)"

  1. Mantap nih. Jadi terharu blog saya dipromosiin disini. Sukses deh mas. Mudah2an dari blog saya dapatvilmu yg bermanfaat..

    ReplyDelete
  2. Mantap nih. Jadi terharu blog saya dipromosiin disini. Sukses deh mas. Mudah2an dari blog saya dapatvilmu yg bermanfaat..

    ReplyDelete

1. Apabila ada kritik, saran dan pertanyaan bisa di ajukan di komentar.
2. Harap menghindari kata-kata kasar dan spam
3. Berkomentarlah, karena komentar agan adalah penyemangat ane