Membuat Hardisk Internal Laptop Menjadi Hardisk Eksternal

IMG_20130805_142526
Mungkin banyak agan-agan sekalian yang laptopnya rusak tapi hardisknya masih bagus. Memang laptop rusak kadang dibuang sayang, di jual tidak laku akhirnya parkir di gudang atau dibawah ranjang hehe.
Dari pada tidak terpakai dan di simpan digudang mending dimanfaatkan untuk membuat hardisk eksternal. Caranya gampang kok dan harga alat tambahannya juga murah meriah. Mungkin bagi agan/aganwati yang punya laptop rusak bisa ikuti cara ini.


Cekidot gan:
  • Siapkan hardisk laptop agan (bongkar dari laptopnya gan ga usah takut laptopnya udah rusak ini)
  • Beli di toko komputer cassing hardisk eksternal, ane ga tau namanya cuma tanya aja ama penjualnya “cassing buat hardisk laptop”, harganya murah kok ane beli 60 rb doang, tapi makin mahal kayaknya makin bagus. Yang perlu diperhatikan ketika membelinya adalah jenis hardisk kita ATA atau SATA. Ciri ATA pord datanya pake jarum kecil n banyak, kalo SATA ga ada jarumnya n portnya kecil.
IMG_20130805_142659 
  • Tinggal pasang aja gan sesuai posisinya gan.
IMG_20130805_142556
  • Jadi deh hardisk eksternalnya….lumayan buat nyimpan koleksi film (asal jangan film cabul ya gan haha…)
IMG_20130805_142609
Semoga bermanfaat gan….
Yusmadani
Yusmadani Saya adalah hamba Allah yang ingin saling berbagi

16 comments for "Membuat Hardisk Internal Laptop Menjadi Hardisk Eksternal"

  1. klu casing hardisk laptop ada ga gan???

    ReplyDelete
  2. info bagus.., nice share gan, ditunggu kunjungannya di http://de-jafa.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. @Tutu Haloho: yang ane jelasin di atas buat hardisk laptop gan...klo hardisk CPU (3,5") juga ada kok caranya juga sama
    @Bang Zack : thanks kunjungannya

    ReplyDelete
  4. Kalo hardisknya pata gimana gan?

    ReplyDelete
  5. cesctina : nah klo pata ane belum pernah liat sis
    All : thanks kunjungannya

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Kalau tidak terbaca mslhnya dmn yah gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada dua kemungkinan gan :
      1. Mungkin HDDnya yang rusak
      2. Mungkin cassing nya yang rusak
      coba pakai hardisk lain dl gan untuk coba, klo ga bisa berarti cassingnya yang rusak

      Delete
  8. gan yg di gambar itu HD SATA ya ??
    punya ane ATA bisa jg dijadiin HD eksternal ga tuh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa gan tinggal cari cassingnya yang jenis ata, tapi ya rada jarang sih ada yg jual

      Delete
  9. infonya sangat membantu gan Thanks

    ReplyDelete
  10. gan kalo ane pake case hdd buat ps2 bisa gak.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ane ga pernah make PS 2 gan,,,klo bisa baca Flasdisk mungkin bisa gan.

      Delete
  11. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

1. Apabila ada kritik, saran dan pertanyaan bisa di ajukan di komentar.
2. Harap menghindari kata-kata kasar dan spam
3. Berkomentarlah, karena komentar agan adalah penyemangat ane